google.com, pub-5223775395072366, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Cara Menjadi Pintar 2023 ~ Kumpulan Ilmu Komputer
SISIPKAN KODE UNIT IKLAN DISINI

chating

Selasa, 14 Februari 2023

Cara Menjadi Pintar 2023


1. Banyak Membaca

Dengan banyak membaca pastinya bisa menambah wawasan kamu menjadi semakin luas. Terdapat banyak opini mengenai kebiasaan membaca yang sebaiknya kamu lakukan, mulai dari membaca koran setiap hari (baik koran cetak maupun online) hingga membaca buku fiksi atau nonfiksi. Selain itu, kegiatan membaca juga tidak harus diselesaikan dalam sekali duduk (kecuali artikel pendek), yang penting dilakukan adalah sempat selalu waktu untuk membaca.
 

2. Memanfaatkan Waktu Online dengan Bijak

Melewati waktu dengan berselancar di dunia maya tak harus dihabiskan dengan membuka media sosial ataupun dengan cara menonton video-video lucu, Ternyata, melalui internet bisa menjadi sumber ilmu yang tak ada habisnya. Adapun wawasan yang bisa kamu dapatkan dengan cara online, seperti ikut kursus online, membuat blog, belajar suatu hal baru lewat video tutorial, dan sebagainya.
 

3. Tulis Hal yang Baru Kamu Pelajari

Menyempatkan waktu beberapa menit setiap hari untuk kemudian menulis tentang hal yang baru kamu pelajari dapat membuat ilmu tersebut lebih mudah serta lama menempel di otakmu jika dibandingkan hanya dengan membacanya saja. Terlebih lagi, jika kamu menulisnya dengan tangan di atas kertas, maka bisa meningkatkan kemampuan otak.

Hal ini karena syaraf motorik kemudian akan ikut bekerja serta kamu menjadi lebih fokus pada apa yang kamu tulis dibanding menulisnya dengan keyboard komputer atau touchscreen. Menulis dengan tangan dalam waktu kurang lebih 7 menit per hari sebagai latihan agar otak tetap terasah.
4. Jelaskan Apa yang Kamu Sudah Pelajari kepada Orang Lain

Albert Einstein pernah berkata: “Jika kamu tak bisa menjelaskan satu hal dengan sederhana, maka kamu belum benar-benar memahaminya.” Selain menulis, satu di antara agar kamu lebih cepat dalam memahami suatu hal yaitu mencoba untuk menjelaskan apa yang sudah dipelajari kepada orang lain. Jika kamu sudah dapat menjelaskan apa yang dipelajari dengan sederhana, itu berarti kamu sudah memahami apa yang sudah kamu pelajari. Bahkan, kamu bisa membaginya tanpa harus bertatap muka atau bisa lewat media sosial.
 

5. Membuat “Done List”

Jika biasanya kamu menulis daftar ataupun bucket list hal-hal yang ingin kamu raih, maka tidak ada salahnya mencoba untuk membuat daftar hal-hal yang justru telah berhasil kamu raih. Ide membuat “done list” ini kemudian dianjurkan oleh beberapa motivator terkenal, dengan tujuan untuk membangun rasa percaya diri serta rasa bahagia dengan cara menengok kembali pencapaian apa yang telah berhasil dicapai, karena kedua hal ini merupakan bagian penting dari kecerdasan.
 

6. Main Games yang Mengasah Otak

Jangan hanya bermain mobile games yang sedang nge-tren saja, tidak ada salahnya untuk mencoba bermain games yang tak hanya rekreasi tapi juga melatih otak. Catur, sudoku, puzzle, scrabble ialah beberapa contohnya. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak permainan mengasah otak yang dapat kamu unduh ke smartphone.
7. Berteman dengan Orang Pintar
cara menjadi pintar
Sumber: Pixabay

Alih-alih membuatmu minder, kamu harus bersyukur apabila sudah dikelilingi oleh orang-orang pintar. Hal ini karena dengan berteman orang-orang pintar, maka seseorang menjadi terbiasa oleh kegiatan orang-orang pintar tersebut. Bahkan, menurut sebuah penelitian, 5 orang terdekat di hidupmu memiliki pengaruh besar pada sikap, kebiasaan, serta kecerdasan kamu. Selain itu, memiliki teman pintar, kamu juga akan lebih termotivasi untuk lebih yakin berbicara dengan mereka, sehingga wawasannya pun semakin bertambah.
 

8. Mencoba Hal Baru

Steve Jobs waktu muda pernah mempelajari kaligrafi. Setelah drop out dari sekolahnya sang pendiri Apple ini kemudian memiliki banyak waktu luang dan mengambil keputusan untuk mengikuti kursus kaligrafi. Meskipun terdengar sebagai hal yang aneh, tetapi kemampuan dalam membuat desain dari kursus ini ternyata memiliki pengaruh besar terhadap pembuatan komputer Macintosh pertama.

Inti dari cerita ini adalah kamu tak akan mengetahui ilmu apa yang dapat berguna nantinya. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu mencoba akan hal-hal baru terutama hal-hal yang kamu sukai atau hal-hal yang yang random.
 

9. Berolahraga

Bergerak secara aktif akan membantu meningkatkan kemampuan otakmu untuk mengingat, berimajinasi, hingga kemudian menyelesaikan tugas secara lebih terorganisir. Belum diketahui secara pasti hubungan aktivitas otak dengan cara berolahraga. Namun tidak ada salahnya untuk rutin berolahraga karena bisa melancarkan darah ke otak.

0 comments:

Posting Komentar