google.com, pub-5223775395072366, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Manfaat Habbatussauda ~ Kumpulan Ilmu Komputer
SISIPKAN KODE UNIT IKLAN DISINI

chating

Jumat, 13 Januari 2023

Manfaat Habbatussauda

 Jintan hitam (Nigella sativa) atau yang biasa dikenal dengan sebutan habbatussauda merupakan tanaman dari Timur Tengah yang biasa diolah untuk jadi bumbu masakan.

Habbatussauda telah lama diandalkan menjadi salah satu ‘senjata’ dapur ampuh untuk meningkatkan cita rasa masakan menjadi lebih lezat. Tapi, ternyata bahan alami ini tak hanya bermanfaat untuk kuliner.

Namun, habbatussauda juga sudah lama digunakan sebagai obat herbal untuk menangani berbagai penyakit berbahaya dan diyakini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan.

Banyaknya manfaat di dalam jintan hitam membuat orang bertanya-tanya akan kandungan yang terdapat didalamnya.

Sebelum membahas mengenai manfaatnya bagi kesehatan, berikut beberapa kandungan yang terdapat di dalam jintan hitam:

    Sedikitnya terdapat sembilan asam amino esensial, arginine, serat kasar, protein, besi, kalsium, magnesium, niasin, potasium, selenium, seng, minyak atsiri, interferon, Omega 3, Omega 6, Omega 9, sapion, saponin (antiracun), sterol (sebagai sintesa dan bioaktivitas hormon), Nigellone.

    Jintan hitam juga mengandung multivitamin, seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E.



Kandungan dalam habbatussauda terbukti dapat mengobati berbagai masalah kesehatan, seperti menurunkan kolesterol, meringankan gejala asma, dan bahkan dapat membunuh sel kanker. Berikut adalah daftar manfaat untuk kesehatan dari habbatussauda:

1. Mempunyai Sifat Anti Kanker

Penelitian telah menunjukan bahwa habbatussauda dapat menjadi obat anti kanker. Kandungan timokuinon (thymoquinone) di dalam jintan hitam dapat memberi efek antikanker dan dapat mengurangi ukuran tumor ganas yang tumbuh di dalam tubuh.

2. Menurunkan Kolesterol

Habbatussauda juga dipercaya sebagai tanaman herbal yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut studi, habbatussauda menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida, serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

3. Menurunkan Berat Badan

Minyak habbatussauda terbukti dapat membantu dalam menurunkan indeks massa tubuh dan mencegah obesitas. Manfaat jintan hitam ini bisa didapatkan dengan mengonsumsi suplemen habbatussauda diimbangi dengan diet rendah kalori.

Hasilnya, adalah terjadi penurunan berat badan dan kadar trigliserida pada tubuh.

4. Meringankan Gejala Asma

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi habbatussauda dibarengi dengan obat asma dapat mempercepat proses penyembuhan asma. Gejala asma seperti batuk dan sesak napas pun dapat diobati dengan mengonsumsi habbatussauda.
5. Melawan Bakteri dan Virus

Penelitian membuktikan habbatussauda dapat membasmi virus penyebab flu, hepatitis C, dan human immunodeficiency (HIV). Efek antimikroba yang dimiliki jintan hitam membuatnya mampu melawan penyakit dengan menghambat pertumbuhan bakteri, virus, serta jamur.
madu murni
Jaga kesehatan setiap hari dengan madu murni terbaik di sini!

6. Menutrisi Kulit

Kandungan antioksidan, Vitamin E, dan asam limonet dalam habbatussauda dapat menangkal radikal bebas dan meregenerasi sel-sel kulit secara cepat sehingga kulit pun mendapat nutrisi yang cukup dan kesehatannya terjaga.

7. Meredakan Rematik

Jintan hitam diyakini dapat membantu pengobatan rematik dan asam urat. Sebuah riset memperlihatkan bahwa pemberian minyak habbatussauda mampu mengurangi gejala rematik berupa peradangan dan pembengkakan sendi.

8. Melindungi Hati

Hati merupakan organ vital yang harus dijaga agar tetap berfungsi dengan baik. Beberapa riset dilakukan pada hewan bahwa biji jintan dapat membantu melindungi hati terhadap cedera dan kerusakan.

9. Mengurangi Peradangan

Peradangan merupakan penyakit yang perlu diwaspadai. Sebab, peradangan kronis dapat menyebabkan penyakit seperti kanker dan diabetes. Habbatussauda diketahui memiliki anti inflamasi yang kuat yang dapat membantu mengurangi tanda-tanda peradangan.

10. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Ekstrak jintan hitam sering digunakan untuk mengurangi gas dalam perut serta meredakan rasa kembung karena kandungan minyak atsiri pada habbatussauda dapat memperbaiki gangguan pada sistem pencernaan.

11. Menjaga Kadar Gula Darah

Kadar gula darah yang tinggi dalam tubuh dapat memicu komplikasi seperti serangan jantung, stroke, gagal ginjal, dan lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji jintan hitam dapat membantu menjaga gula darah menjadi stabil sehingga dapat mencegah komplikasi dan penyakit serius akibat dari gula darah yang tinggi.

   

Itulah beberapa manfaat kesehatan dari habbatussauda. Sebagian memang masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menguji efektivitasnya.

0 comments:

Posting Komentar