google.com, pub-5223775395072366, DIRECT, f08c47fec0942fa0 6 Persiapan untuk Membangun Usaha Retail dari Awal ~ Kumpulan Ilmu Komputer
SISIPKAN KODE UNIT IKLAN DISINI

chating

Rabu, 10 Mei 2023

6 Persiapan untuk Membangun Usaha Retail dari Awal

 

Toko kelontong atau minimarket menjadi salah satu jenis usaha retail yang kini banyak dipilih. Apalagi untuk usaha franchise minimarket yang kini cukup menjamur di Indonesia. Apakah Anda salah satunya yang berencana untuk membangun usaha di bidang ini?

Sebelum memutuskan untuk memilih franchise minimarket atau memilih membangun usaha toko kelontong sendiri, Anda perlu tahu apa saja persiapan yang dibutuhkan. Berbeda dengan jenis usaha lain, bisnis retail memiliki begitu banyak item.

Sebagai pemula Anda perlu memahami persiapan apa saja yang dibutuhkan supaya usaha yang dibangun bisa dengan lancar dijalankan.

Persiapan Usaha Retail yang Harus Pemula Ketahui

Meskipun nantinya Anda menggelontorkan dana cukup banyak untuk memilih franchise minimarket, bukan berarti Anda tidak mengenali sistem bisnisnya. Uang yang Anda keluarkan memang akan dikelola oleh pihak franchisor, tapi Anda perlu mengenali juga manajemennya.

Ada beberapa persiapan yang secara umum harus dipenuhi sebelum Anda membangun usaha ini. Apa saja itu?

Peralatan Mesin Kasir

Persiapan usaha retail yang pertama yaitu mesin kasir untuk usaha Anda. Ada begitu banyak pilihan mesin kasir, tapi untuk saat ini pilihlah yang modelnya adalah aplikasi bukan mesin kasir konvensional. Tujuannya adalah untuk mempermudah manajemen.

Ada begitu banyak item yang tersedia di toko Anda oleh karena itu mesin kasir yang digunakan juga harus canggih. Seperti bisa diakses secara online, untuk urusan ini Anda bisa menggunakan mesin kasir Majoo.

Majoo menyediakan secara lengkap peralatan kasir dari LED, cash drawer sampai dengan sistem untuk usaha retail. Anda pun tinggal mengoperasikannya saja. Soal tampilan Majoo sangat sederhana jadi mudah untuk dipelajari.

Mengetahui Produk Apa yang Ingin Dijual

Karena Anda ingin membangun minimarket maka, produk yang ingin dijual perlu dibuat daftar terlebih dahulu. Semua minimarket menjual hampir sebagian besar kebutuhan rumah tangga. Ada begitu banyak daftar produk yang harus Anda kelompokkan.

Misalnya saja produk makanan yang juga terbagi menjadi makanan pokok, makanan ringan sampai dengan minuman. Ada juga kebutuhan untuk kebersihan yang item produknya juga lebih banyak lagi. Jangan sampai toko Anda melewatkan produk yang sangat dibutuhkan.

Memilih Tempat yang Strategis

Baik itu mengikuti franchise minimarket atau tidak, lokasi selalu menjadi panduan pending di awal yang akan menentukan kesuksesan usaha. Apakah lokasinya sering dilewati oleh orang sekitar dan letaknya mudah ditemukan seperti pinggir jalan.

Luas toko nantinya juga harus menjadi pertimbangan, akan lebih mudah lagi jika Anda tidak perlu menyewa lokasi. Sebaiknya pilih tempat yang sudah memiliki bangunan siap pakai sehingga Anda tidak perlu memikirkan soal bangunan lagi.

Memilih Supplier yang Terpercaya

Jika Anda memilih untuk usaha franchise, tentu tidak perlu pusing soal supplier karena franchisor akan menyediakannya. Tapi jika tidak Anda perlu mencari supplier yang terpercaya sendiri.

Caranya setelah Anda menentukan produk apa saja yang ingin dijual maka tinggal mencari supplier dari masing-masing produk tersebut. Kemudian bandingkan soal harga serat sistem pengirimannya. Carilah supplier yang terpercaya agar kualitas barang terjamin.

Rekrutmen Karyawan yang Terampil

Beberapa franchise retail tidak menyediakan karyawan dari pihak mereka, jadi Anda harus mencari karyawan sendiri. Hal yang sama tentu akan Anda rasakan jika Anda ingin membangun toko kelontong sendiri.

Pada saat mencari karyawan sangat disarankan agar Anda menyeleksi berdasarkan pengalaman dan keterampilan. Tujuannya agar mereka lebih mudah untuk diajarkan soal pengelolaan toko. Selain itu siapkan sistem shift dan jadwal yang jelas.

Jangan Lupakan Soal Promosi

Anda akan membangun toko retail di perkotaan atau pedesaan tentu harus memikirkan soal promosi. Melakukan promosi adalah langkah tepat untuk memasarkan atau memperkenalkan usaha Anda kepada masyarakat sekitar.

Promosi yang dilakukan harus menyesuaikan kebiasaan masyarakat terdekat. Misalnya jenis produk yang paling diminati, Anda bisa memberikan diskon pada produk tersebut. Anda juga bisa mempertimbangkan media sosial untuk membuat iklan yang menarik.

Semua bagian persiapan ini penting adanya untuk dilakukan jika Anda berencana membuka bisnis retail. Khususnya soal supplier, Anda harus mengetahui perjanjian pembelian sampai pengantaran barang dengan benar.

0 comments:

Posting Komentar