google.com, pub-5223775395072366, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Review Jurusan Teknik Informatika ~ Kumpulan Ilmu Komputer
SISIPKAN KODE UNIT IKLAN DISINI

chating

Rabu, 20 Mei 2015

Review Jurusan Teknik Informatika

Informatika adalah ilmu yang mempelajari tentang perangkat (bisa sistem atau alat) yang dapat menghasilkan dan mendistribusikan “informasi”. Jadi kata kunci pertama pada definisi ini adalah kata : informasi, sehingga itulah makanya bidang ini disebut sebagai : informatika. Sedangkan kata kunci kedua adalah pada kata “menghasilkan” dan “mendistribusikan”.Dan kata “menghasilkan informasi” yang dimaksud adalah komputer, sedangkan “mendistribusikan informasi” maksudnya adalah jaringan atau telekomunikasi. Perhatikanlah bahwa kedua perangkat ini, yaitu komputer dan telekomunkasi saat ini telah mewabah kemana pun. Inilah istimewanya bidang informatika.

Deskripsi Singkat
Dalam jurusan ini para mahasiswa akan diajari dan dilatih untuk mengembangkan berbagai program dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman, selai bahasa pemrograman di jurusan ini juga diajarkan ilimu-ilmu lain yang dapat mendukung funsi dari program ekonomi, termasuk di dalamnya mata kuliah ekonomi, dan matematika, dan juga character building, sehingga nantinya para lulusan dari jurusan ini dapat menghasilkan program yang bermanfaat bagi dunia bisnis juga bagi kehidupan manusai secara keseluruhan.
Ternyata belajar (dalam hal ini maksudnya kuliah) komputer tidak hanya didominasi oleh jurusan informatika.

Ada sejumlah juruan lain yg disebut2 sebagai serumpun dengan informatika seperti : Sistem Informasi (dulu bernama Manajemen informatika) dan Sistem Komputer (dulu bernama Teknik Komputer). Apa bedanya dengan informatika ?
Sistem Informasi adalah lebih mengarah ke penerapan komputer untuk dunia business dan manajemen, sedangkan sistem komputer lebih mengarah ke belajar perangkat keras (hardware) komputer. Yang kedua ini menurut saya lebih mirip2 ke jurusan elektro digital yang tanggung sedangkan yang pertama tadi kadang-kadang ilmunya mendekati bidang ekonomi setengah hati.

Sebenarnya ada bidang (jurusan) lain yang juga mengarah ke rumpun komputer seperti : Komputer
akuntansi, komputer perbankan, dsbnya. Tapi saya pikir itu versi lain aja dari jurusan Sistem Informasi yang lebih dikonsentrasikan ke penerapan lebih khusus.

Banyak fakta menarik yang bisa dijumpai dalam jurusan ini, yaitu banyak hal (dalam dunia komputer) yang selama ini kita anggap sebagai sesuatu hal yang amat menakjubkan ternyata dapat dibuat dengan cukup mudah. Dan khusus untuk jurusan IT di Binus terdapat kesempatan utnuk mendapat sertifikat dari perusahan jaringan terkemuka di dunia yaitu SISCO, dan sertifikat ini memungkinkan para pemegangnya untuk mendapat gaji yang tinggi di tempat kerjanya.

Berikut beberapa bidang kerja bagi lulusan IT- IT Manager / CIO / CTO - Engineer di bidang Software dan Network - Rekayasa Perangkat Lunak dan Networking
- Software House

Pengalaman
Selama saya belajar di IT saya mendapat banyak ilmu yang memungkinkan saya mebuat berbagaia program yang atraktif, namun ada satu hal yang menarik perhatian saya bahwa meskipun dunia IT dapat dikatakan tidak terlalu sulit bagi anak muda, namun saya mendapati fakta bahwa mereka yang hanya bermodalkan kemauan untuk memekuni IT akan menemui banyak halangan apabila mereka belum pernah mengenal satu pun bahasa pemrograman. Oleh karena itu apabila kalian berminata untuk mempelajari IT kalian harus menguasai (cukup secara mendasar saja) satu bahasa pemrograman apa pun itu.

0 comments:

Posting Komentar